Je Suis Marisa...

Hello, I'm Marisa...an ordinary teenager who still doesn't know what would she be in the next ten years...like everybody does, hahaha

Well, I don't know how to write a blog properly,

I just want to share my thoughts, life experiences, and my passions here...so just read! :)


Kamis, 25 Desember 2008

Perpanjangan Sunset Policy

Pajak, siapa yang gatau pajak...semua orang pasti tau tapi belom tentu semua orang bayar..hahahhah. Ya tapi emang realita nya begitu bukan?. Banyak yang belom punya NPWP alias Nomor Pokok Wajib Pajak. Bayar pajak seolah-olah jadi ancaman menakutkan bagi masyarakat. Kalau dianalogikan, masyarakat yang belom bayar pajak ibarat tikus terus petugas pajak ibarat kucingnya. Pemerintah pun berpikir keras mengatur strategi dan cara bagaimana menertibkan pembayaran pajak masyarakat. Sampai keluarlah sebuah makhluk yang bernama Sunset Policy.

Mendengar nama Sunset Policy di telinga saya, yang ada di pikiran saya itu adalah sebuah nama yang lucu dan imut. Teman saya, Adiz pun berkata ketika mendengar nama itu yang langsung terbayang olehnya adalah matahari terbenam. Lucu memang ya. Saya pun tidak mengerti apa maksud dari nama Sunset Policy itu sendiri. Tapi Sunset Policy ini adalah sebuah kebijakan yang dikeluarkan pemerintah untuk menarik masyarakat agar mau membuat NPWP. Kebijakan ini adalah kebijakannya yang bentuknya semacam insentif bagi masyarakat. Masyarakat yang tidak membayar pajak karena tidak memiliki NPWP jika membuat NPWP selama Sunset Policy ini masih berlaku, maka pajak yang sebelumnya akan dihapus.

Menurut saya pribadi, kebijakan ini adalah terobosan yag sangat bagus. Namun yang saya sayangkan, sosialisasi program ini masih sangat minim sehingga masyarakat banyak yang tidak mengetahuinya. Selain itu program ini juga berlangsung hanya sebentar. Diterbitkan pada sekitar pertengahan tahun tetapi program ini sudah akan berakhir Desember ini. Jadi, program yang sebenarnya bagus ini menjadi kurang efektif karena terlalu sebentar dan sosialisasi yang kurang.

Maka, HIPMI pun mengusulkan perpanjangan Sunset Policy ini. Namun, usulan tersebut belum digubris. Menurut saya, hal ini sangat disayangkan. Mungkin para pejabat perpajakan berfikir jika diperpanjang, masyarakat akan kembali dimanja sehingga Sunset Policy ini tidak mempan. Tetapi menurut saya, kondisinya berbeda. Sosialisasi Sunset Policy ini masih sangat minim, jadi sah-sah saja jika diperpanjang. Kecuali jika sosialisasinya sudah maksimal, seperti iklan di TV, billboard, sms, penyuluhan dan lain-lain. Boleh saja rentang program ini disingkatkan. Jadi untuk pemerintah, ayolah berfikir lebih panjang dan mendalam...demi kebaikan kita semua :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar