Je Suis Marisa...

Hello, I'm Marisa...an ordinary teenager who still doesn't know what would she be in the next ten years...like everybody does, hahaha

Well, I don't know how to write a blog properly,

I just want to share my thoughts, life experiences, and my passions here...so just read! :)


Kamis, 25 Desember 2008

H stands for Hedonism

Jakarta udah jadi sebuah kota metropolitan yang malah udah mendekati megapolitan. Bisa kita sadarin pembangunan Jakarta tuh pesat to the max. Gedung2 ga ada berhentinya dibangun, bisa-bisa sehari nambah satu. Tapi, seiring dengan gedung2 itu berlomba2 dibangun, pembangunan infrastruktur kita mentok. Bisa dilihat contohnya fondasi2 monorail terbengkalai dan koridor busway yang nganggur, dan ga cuma itu aja sih, buanyak banget yg mesti diurus. Sabar ya bang Fauzi...

Ok, back to the topic. Kan gw bilang tadi pembangunan gedung2 ga ada abisnya. Salah satu dari gedung2 itu adalah.....YESSSS!!! MALLS!. Setiap gw di mobil, di perjalanan entah kemana, (tapi yang pasti dalem kota) setiap lewat pembangunan2 gedung belom jadi gitu dalem hati gw selalu bilang Gila! mikir apa coba dibangun Mall udah kaya borong ayam!. Bener-bener gila. Awalnya dibangun cuma PIM 2, terus skywalknya, terus eeeh ada Senayan City, terus ada Sudirman Palace (gagal), terus ada Grand Indonesia, terus ada Pacific Place, ada Mall of Indonesia, terus Sudirman Palace diganti jadi Fx, terus ada mall terobosan baru model La Codefin...duh sumpah gw gatau itu ada yang ke skip apa engga tapi yang pasti gw ga bisa sebutin satu2. Itu tadi mall2 yang itungannya masih tergolong baru. Coba flashback sekitar 1,5-2 tahun yang lalu, mall2 yang golongan tua palingan cuman ada PIM, Plaza Indonesia, Citos, Kelapa Gading, Plaza Senayan, dan mall2 kecil lainnya. Sebenernya tempat seneng2 di Jakarta ga cuma mall sih, tapi dibanding tempat seneng2 lainnya (club, cafe, dll) mall2 gigantis ini udah merajalela di Jakarta.

Ok, tadi itu cuma intermezzo belaka, mari kita mulai menyelam inti permasalahan ini.

Menurut Wikipedia, Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama hidup. Masyarakat Jakarta, termasuk gw secara ga sadar mungkin udah jadi penganut paham ini. Biarpun kita mungkirin, tapi apa yang kita lakuin udah cukup jadi bukti otentik kalo kita adalah bagian dari paham ini. Dan remaja seumur gw punya kontribusi besar dalam pergeseran budaya masyakarakat ini.

Gw, sebagai bagian dari kehidupan metropolis Jakarta ini meskipun prihatin, meskipun sok2 bilang gila, tetep aja kebawa arus. Ini gw ibarat ikan salmon yang berenang di sungai yang deras (apacoba, haha). Gw emang masih sekolah, tapi weekend bener2 gw manfaatin buat hang out bareng temen. Ya dari jaman nenek sampe ortu lo juga gitu sih. Cuma yang beda cara dan kemana lo hang out aja. Mungkin jaman dulu masih ngetrend tuh yang namanya mejeng di Mahakam, Maxim Blok M, Duta Merlin, gitu2 lah. Sekarang? kalo lo begitu bisa2 ditimpuk massa (ga gtu juga sih, haha). Maksud gw mungkin bisa2 lo dianggap anak paling aneh satu sekolah, haha.

Jujur, gw ini sekolah di sekolah yang isinya anak2 dengan kemampuan ekonomi hi-end, so jangan bandingin bahasan ini sama kehidupan anak2 yang sekolah yang kehidupannya ga seperti ini (akan dibahas di lain kesempatan).

Yaaa bisa dilihat lah, anak2 remaja seumur gw kalo hang out itu standar nya kalo ga ke mall, cafe, ya ke club. Kalo ke mall, kalo ga makan, nonton, ya nongkrong. Kalo ke cafe? ya nongkrong dan ngopi. Kalo ke club? ya clubbing, haha. Dan sekali pergi untuk melakukan semua hal itu bisa memakan biaya puluhan ribu sampe ratusan ribu. Gw sendiri termasuk anak yang dapet uang bulanan dari ortu yang jumlahnya ga banyak ga dikit, ya standar lah. Duit segitu bagi gw cukup untuk makan, taksi, plus buat refreshing akhir pekan lah. Kalo lagi boros ya abis, kalo lagi hemat paling nyisa dikit. Gw mungkin tergolong yang paling sering melakukan opsi 1 dan opsi 2 dan opsi 4 mungkin (makan di warung2 tenda dan resto aneh2). Nah, coba bandingin sama gaya hang out ortu kita yang gw sebutin di atas tadi, cukup berberda bak langit dan bumi kan?

Realita kaya gini sangat amat bisa ditemui di situs sosial yang paling lagi hip saat ini. Yap, FACEBOOK. Semua kegiatan hang out bisa dilihat di foto2 yang di upload para remaja2 macam gw ini. Apalagi sekarang ini udah ada yang namanya BLACKBERRY , foto2 asik bisa langsung di upload straight from your phone. Dan fenomena yang bikin gw geli, almost every teenagers holds a blackberry on their hand!! Rasanya pengen standing applause 24 jam (lebay). Masalahnya blackberry itu bukan barang ecek2 yang bisa dibeli kaya tempe. Harganya bisa 3-8jt. Yang 8 jt itu blackberry bold. Gw kira yg megang blackberry bold paling bokap2, ternyata eh ternyata engga. Temen gw udah ada aja gtu yang punya, weleh2...hebat pisan euy. Gw sendiri juga megang handphone macem gtu, tapi bukan blackberry, yang statusnya masih ilegal di sini, you know lah apa, haha. Tapi gw dapet itu juga gratisan! ya jadi hoki aja, kalo ga gratis gw juga gamau ngluarin duit buat bgituan.

Ngomongin fenomena beginian ga bakal ada habisnya. Gw nulis gini juga sebenernya gara2 akhir2 ini gw lagi refleksi diri. Gw inget2 kondisi 3-4 tahun yang lalu. Gw kalo minta barang ke bokap, yang harganya 50 rb aja rasanya udah gaenak banget. Sekarang??? lunjak to the maxxx, gw sekali minta barang yang range harganya bisa ratusan ribu (itu bukan ajang pamer loh, lihat dari sudut pandang realitanya). Itu artinya apa???, standar hidup gw meningkat absolut, hahah. Hal ini juga gw liat di masyarakat. Contoh kecilnya masalah konsumsi fashion lah. Gw melihat perubahan besar sejak ada ZARA di sini. Okelah butik2 macem Zara juga udah ada lama di sini. Tapi animo masyarakat ga segila sekarang!. Dulu kayanya butik macem gtu ga rame2 amat. Sekarang kita bisa liat Zara dipenuhi orang2 baik muda maupun tua. Masalahnya Zara itu bukan butik murah!. Harganya ratusan ribu smp jutaan...

Ini bener2 jadi bukti bahwa daya beli masyarakat Jakarta meningkat pesat sangat. Dan budaya kita udah berubah jadi budaya hedonis. Tingkat konsumsi di Jakarta tingginya udah ga ketulungan. Jadi, sebenernya Indonesia udah ga pantes lagi dibilang negara miskin. Tapi, dibilang negara kaya pun juga salah. Masih banyak juga orang2 miskin dan primitif. Kesenjangan sosial orang Indonesia emang udah keterlaluan. Gw sendiri juga bingung mau golongin Indonesia sebagai negara apa. Ini semua akibat kapitalisme yang merajalela. Indonesia bukan lagi jadi sekedar negara kapitalis. Tapi udah jadi sebuah negara KAPITALIS EKSTRIM!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar